Minggu, 17 Februari 2013

Topologi Jaringan

Diposting oleh Mia A.Wahyuni di 2/17/2013 01:43:00 AM
Mengenai Tentang Komunikasi Data, Ada Beberapa Hal Yang harus Kita Ketahui Terlebih Dahulu seperti Topologi Jaringan , Topologi Terdiri Dari Berbagai Macam Bentuk Seperti :


  •     Topologi Bus
  •     Topologi Star ( Bintang )
  •     Topologi Ring ( Cincin )
  •     Topologi Mesh
  •     Topologi Peer to Peer ( P2P ) / Point To Point
  •     Topologi Tree ( Pohon )
  •     Topologi Hybird
   Tahu Gak Sih Topologi Jaringan Itu Apa.??

   Topologi Jaringan adalah hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Macam Topologi Jaringan ada 5 macam yaitu Topologi Bintang, Topologi Cincin, Topologi Bush, Topologi Mesh, Topologi Pohon. Semua ini merupakan Topologi Jaringan Komputer. atau Topologi jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Dalam suatu jaringan komputer jenis topologi yang dipilih akan mempengaruhi kecepatan komunikasi. Untuk itu maka perlu dicermati kelebihan/keuntungan dan kekurangan/kerugian dari masing - masing topologi berdasarkan karakteristiknya.

   Berikut Ini Pengertian Dari Jenis - Jenis Topologi Jaringan 

  1.     Topologi Bus
    Topologi Jaringan computer Bus Kedua Ujung Jaringan Harus Diakhiri dengan Terminator, Jarus Konektor Harus Di Gunakan Untuk Menyambung/Menambah Panjang, topologi bus merupakan topologi topologi jaringan computer yang paling tua dalam teknologi jaringan Ethernet dan terdiri dari kabel coaxial yang menghubungkan computer yang ada dalam jaringan dimana tiap computer terhubung dengan sambungan konektor BNC jenis T.

  2.     Topologi Star
    Semua berangkat berputar di sekitar hub pusat, yang menjadi control komunikasi jaringan, dan dapat berkomunikasi dengan hub lain. Rentang batas adalah sekitar 100 meter dari hub, di dunia jaringan computer, topologi yang paling umum digunakan didalam LAN adalah topologi Star dapat dibuat di rumah, sekolah, dll. Semua computer dalam Topologi Star terhubung ke perangkat sentral seperti Hub, Switch Atau Router. Computer jaringan yang biasanya dihubungkan dengan hub, Switch Atau Router dengan 1527 Unshield Twisted Pair  (UTP) atau shielded Twisted Pair Kabel. Topologi jaringan model star ini sama halnya seperti menarik satu kabel dari setiap computer menuju pada pusat konsentrasi seperti switch, Switch menangani Switching traffic keluar ke node lainnya adalah satu jaringan.

                                                       
  3.     Topologi Ring
    perangkat terhubung yang satu Node ke Node lainnya, seperti membentuk cincin, data token digunakan untuk memberikan izin untuk setiap computer berkomunikasi. Node berkomunikasi dengan formasi Ring, dengan setiap node berkomunikasi langsung hanya dengan upstream dan downstream sebelahnya saja. Computer atau perangkat meiliki Komputer Yang Saling berdekatan untuk berkomunikasi. Di Ring Network, semua pesan komunikasi perjalanan dalam direktori yang sama apakah searah jarum jam ataupun lawan arah.
    Salah Satu Metode Transmisi data sekitar ring disebut Token Passing. (Pengertian Token adalah seri bit khusus yang berjalan di jaringan token ring. Setiap jaringan hanya mempunya satu token). Token dilewatkan dari computer ke computer sampai mencapai computer yang memiliki data untuk dikirim.

                                                      
  4.     Topologi Mesh
    Merupakan suatu hubungan Satu sama lain antar beberapa Node. Umumnya, suatu topologi mesh dimaksudkan untuk mencapai tingkat redundancy. Ada dua jenis Mesh Yaitu Full Mesh Dan Pertial Mesh Topologi. Full Mesh Setiap Node saling berhubungan satu sama lain dengan dedikasi line tersendiri sementara partial seperti namanya hanya sebagian saja mempunyai jalur menurut kebutuhan. Mesh Topologi Bekerja Pada Konsep rute. Pada Topologi Mesh, pesan yang dikirim ketujuan melalui router terpendek, yang termudah untuk mencapai tujuannya. Topologi jaringan yang dibahas Sebelum topologi Star Dan Bus, pesan biasanya dikirim ke setiap computer, terutama pada topologi Bus, demikian juga pada topologi Ring pesan dapat melakukan pelajaran dengan hanya satu arah yaitu searah jarum jam. Internet menggunakan topologi Mesh, pesan menemukan rute untuk tujuan, Router Bekerja di rute untuk mengirim pesan mengantarkan ke tempat tujuan.

                                     
  5.     Topologi  Peer To Peer (P2P) / Point To Point
    Jaringan Kinerja Dari titik ke titik merupakan jaringan kerja yang paling sederhana tetapi dapat digunakan secara luas. Begitu sederhana nya jaringan ini sehingga seringkali tidak dianggap sebagai jaringan tetapi hanya merupakan komunikasi biasa. Dalam hal ini kedua simpul mempunya kedudukan yang setingkat, sehingga simpul manapun dapat memulai dan mengendalikan hubungan dalam jaringan tersebut. Data terkirim dari satu simpul langsung kesimpul lainnya sebagai penerima, misalnya antara terminal dan CPU.

                           
  6.     Topologi Tree
    Topologi Tree Terdiri Dari Topologi Multi Star di Bus, Topologi Tree Mengitegrasikan Topologi  Star Bersama-sama Ke Bus. Hanya Perangkat Hub yang dapat terhubung langsung dengan Bus dan masing-masing fungsi Hub sebagai jaringan Akar tree. Topologi jaringan computer ini disebut juga sebagai topologi jaringan computer bertingkat. Topologi Jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunya hirarki semakin tinggi, topologi Tree ini paling ideal digunakan pada system jaringan computer. Pada jaringan tree, terdapat beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat yang lebih tinggi tingkatannya, dapat mengontrol simpul dibawah tingkatannya. Data yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk bergerak dari computer dengan node-4, 6, dan node-7 sebelum berakhir pada node 8. Kombinasi Bus/Star/Hybird ini mendukung masa depan upgrade dari jaringan computer, jauh lebih baik dari pada Bus atau Star.

                                           
  7.     Topologi Hybird
           Topologi Hybird adalah salah satu bentuk topologi jaringan fisik yang sudah sangat umum digunakan disamping jenis jaringan computer lainnya Seperti Point-to-point, Topologi Bus, Topologi Ring, Topologi Mesh, Dll Klasifikasi topologi dibuat berdasarkan hubungan antara node berbeda dalam jaringan, Topologi Hybird merupakan salah satu topologi jaringan computer yang popular karena kelebihan Topologi Hybird memiliki nilai plus dibanding topologi lainnya dan sudah terbukti menjadi salah satu bentuk terbaik untuk kebutuhan jaringan computer skala besar.

                                         
    Sumber: Dari Blog Lain Dan Catatan Sekolah. 

0 Saran Dan Komentar:

Posting Komentar

 

Mia A. Wahyuni Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea